Rabu, 05 Juni 2013

Trik Memperkecil Ukuran File Vector Corel Draw (2)

Beberapa waktu yang lalu saya pernah memposting dengan judul yang sama.
Ketika saya coba sendiri dengan cara tersebut, ternyata hanya mampu mengurangi sedikit kapasitas file. Ketika teman saya mengiri saya sebuah file CorelDraw yang menurut saya besar, yang +- 8,6 MB lalu saya menggunakan cara saya yang pertama, ternyata penyusutan file hanya 1 MB yaitu menjadi 7,6 MB.


Berikut saya mencoba untuk share caranya agar file CorelDraw bisa menjadi kecil tanpa harus mengubah curva-curva yang terdapat didalamnya.

Sangat penting kita memiliki program CorelDraw lebih dari 1. Bila sahabat terbiasa dengan CorelDraw versi lawas, katakanlah versi 11 misalnya, maka untuk memenuhi kebutuhan grafis dengan CorelDraw, maka ada baiknya jika sahabat juga menginstal CorelDraw versi terbaru. Ini bertujuan jika ada client sahabat yang mengirim atau minta editing design dengan CorelDraw. Ada kemungkinan bahwa klient sahabat mengirimkan file tersebut dengan versi yang lebih tinggi dari yang biasa kita pakai. Misal ada client yang mengirimkan dengan versi X3, maka bisa dibuka dengan versi terbaru.

Untuk memperkecilnya sebagai berikut.
Jika ada file CorelDraw versi nya lebih tinggi dari yang biasa kita pakai, bukalah file CorelDraw dengan versi yang terakhir. Jika sudah terbuka, lalu Save As ke versi yang biasa sahabat pakai (misal versi 11). Simpanlah dengan nama yang lain dari file aslinya.

Nah mudah bukan? Semoga bermanfaat.




2 komentar:

  1. itu paling-paling cuma beberapa MB aja boss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penganlaman saya, dengan cara diatas bisa diperoleh besaran file kurang dari 3 MB. Lumayan jadi tidak berat amat...

      Hapus

Silakan tinggalkan komentar Anda