Selasa, 28 Mei 2013

Trik Memperkecil Ukuran File Vector Corel Draw


Hanya sekedar share pengalaman pribadi.

Pada saat kita membuat design menggunakan Corel Draw, lalu kita simpan, kadang ukuran file yang kita simpan jadinya sangat besar. Ini dikarenakan oleh proses-proses editing yang mungkin membutuhkan bentuk-bentuk font yang banyak, garis-garis, curva-curva,penyimpanan yang berulang-ulang, dan lain-lain.
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi kita yang sering mengolah/melakukan editing vector dengan Corel Draw.

Pada saat kita membuat suatu proses editing/setting di Corel Draw, simpan saja file kita untuk sementara di desktop dengan judul yang tidak terlalu mengikat namun mudah diingat, misal simpan saja dengan nama edit1. Kenapa saya menganjurkan disimpan di desktop? Karena ini sifatnya hanya sementara, dan mudah dicari/ditemukan, tidak harus mencari-cari dalam folder D misalnya.

Ketika panyak sekali proses-proses dalam 1 project seperti penggunaan font, garis-garis, kurva, penyimpanan yang berulang-ulang, dan lain-lain tentu ini akan berakibat pada membengkaknya kapasitas file. Nah ketika file tersebut menjadi besar, tentu ini akan berakibat pada lamanya waktu upload ke server, katakan ketika melakukan pengiriman email, tentu ini akan menjadi sangat lama waktu yang dibutuhkan untuk meng upload file tersebut. Begitu juga sebaliknya, ketika file tersebut di download, juga akan berpengruh pada lamanya waktu download.

Ketika kita sudah menyelesaikan suatu project dan kita simpan hasilnya pada desktop, maka besarnya file tersebut dapat kita lihat/ketahui dengan klik kanan dan klik properties. Dan lihat besaran nya kapasitas file tersebut. File tersebut memiliki kapasitas yang besar.

Untuk memperkecil file tadi, kita buka saja lembar baru Corel Draw. Buka kembali file di desktop yang masih berkapasitas besar tadi, misalnya edit1. Di lembar edit1, seleksi semuanya dan copy/salin. Selanjutnya tuju lembar kerja yang baru tadi, dan paste/tempel di lembar kerja yang baru tadi. sekarang barulah save lembar kerja yang baru dengan nama yang sesuai.

Sekarang file edit1 di desktop sudah tidak kita butuhkan lagi, dan delete saja.

Semoga informasi yang singkat ini bisa kita ambil manfaatnya.
Saya mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar Anda