Sabtu, 11 November 2017

Mengganti Mata Solder Daya 80 Watt.

Salam sahabat.

Beberapa hari yang lalu saya berencana membeli mata solder dengan daya 80 watt. Sayangnya setelah beberapa lama mencari kesana-sini tidak berhasil juga. Pencarian berakhir di Pasar Elektronik Cikapundung. Dan... Masih belum dapat menemukan nya.



Kebutuhan pemakaian solder sudah mendesak.Yaitu untuk memasang pin paku/manset kuningan ke pin dan memasang peniti ke name tag. Untuk pemasangan tersebut tentu tidak bisa dengan menggunakan solder dengan daya dibawah 80 watt. Dengan waktu yang mendesak ini, tentu tidak bisa berpikir jernih. Yang ada gugup.

Sampai di rumah dari mencari mata solder, baru kepikiran untuk membeli soldernya saja sekalian. Namun sayang nya harga nya mahal. Belum lagi jika suatu saat mata soldernya pasti akan habis juga. Masak iya sih solder sekali pakai.



Saya amati mata solder tersebut. Ternyata terbuat dari bahan tembaga. Dengan diameter 6,35 mm. Dari situ baru kepikiran kalau di kota Bandung terdapat banyak sekali toko penyedia bahan logam. Dari metal plat, metal as, metal pipa, metal kawat, dll. Metal yang saya maksud adalah stainless, kuningan, tembaga dan aluminium.

Saya putuskan untuk membeli bahan tembaganya saja yang berbentuk as dengan diameter 6,35 mm atau 1/4 inch.

Hari itu juga saya meluncur ke toko Djitu, jalan Suniaraja, Bandung. Yang menyediakan berbagai metal, mata gergaji metal, kain polish, langsol/batu hijau untuk mengkilapkan metal, dll. Kebetulan saya berlangganan ke toko tersebut.

Setelah basa-basi sedikit, langsung ke point utama nya. Yaitu menanyakan as tembaga. Ternyata, as tembaga dengan diameter 6,35 mm di toko tersebut tersedia. Sayang nya beli nya tidak dapat diketeng 1 meter. Harus 4 meter (1 batang). Adapun yang dapat dibeli dengan cara di keteng yaitu as tembaga dengan diameter 8 mm dan diameter yang lebih besar. Dengan minimal pembelian 1/2 meter. Harga untuk 1/2 meter nya Rp. 37.500:. Saya rasa ini cocok. Tidak terlalu panjang namun masih cukup untuk persediaan. Dengan asumsi sekali pakai adalah 10 cm. Maka bisa untuk 5 kali pakai.

Yap, sampai rumah langsung di olah. Dan inilah hasil video nya.


Mohon maaf jika postingan kali ini sangat singkat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar Anda