Jumat, 17 Mei 2013

Membuat Logo Batman Dengan Corel Draw

Membuat logo batman.

Kali ini saya akan share cara membuat logo Batman menggunakan program Corel Draw 11. Jika Anda menggunakan Corel Draw versi lain, saya rasa sama saja. Mari kita mulai.


Logo Batman, ini menarik, karena jika kita perhatikan, antara sisi kanan dan sisi kiri logo tersebut sama, atau dengan kata lain, logo tersebut bisa kita buat hanya sebelah saja. Sederhananya seperti ini. Kita buat logo Batman tersebut separuh saja, yaitu sebelah kanan nya saja. Lalu bagaimana dengan yang sebelah kiri? Kita copy saja yang kanan tadi, lalu kita copy paste kan dengan posisi mirror, lalu kita tempatkan untuk mengisi yang sebelah kiri. Nah mudah kan?

Mari kita mulai.

Membuat ovalnya.

1. Buka Corel Draw Anda dan klik New. Gantilah ukuran millimeter ke centimeter.

2. Jika pada komputer Anda sudah ada logo Batman, misal berbetuk jpg, gif, atau bitmap, tujulah file tersebut berada. Klik geser (drag) file tersebut ke halaman Corel Draw.

3. Belum punya logo Batman? Oke, silakan Anda cari di abah Google. 
(Biasanya, ketika Anda mencari logo atau gambar pada mesin pencari Google, maka mayoritas hasil pencarian gambar tersebut masih berbentuk jpg, gif, bitmap. Saran saya, ketika Anda sudah menemukan logo Batman di pada mesin pencari Google, silakan download dan simpan saja sementara pada desktop. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mencari file tersebut).

4. Saya asumsikan Anda sudah menaruh logo Batman pada lembar kerja Corel Draw.  Seperti gambar berikut : 





















5. Klik kanan pada logo tersebut. Lalu klik Lock Objet. Tujuan Lock Object yaitu, untuk mengunci object (dalam hal ini logo tersebut) agar tidak bisa digeser ataupun tergeser pada saat kita tidak ingin menggesernya.

6. Buatlah sebuah oval dengan Ellipse Tool, tombol terletak di sebelah paling kiri yang bergambar lingkaran. Atau mudahnya silakan tekan tombol F7.

7. Atur sedemikian rupa posisi oval tersebut sehingga tepat sekali berada pada oval "terluar" logo Batman tersebut. Perhatikan logo tersebut. Terdapat 3 buah oval untuk membuatnya. Oval 1 adalah terluar, oval 2 adalah oval ditengah, oval 3 adalah oval pembentuk sayap nya.

8. Gandakan oval tersebut menggunakan tombol Interactive Contour Tool yang terdapat disebelah kiri lembar kerja. 











9. Pada penggandaan tersebut, perhatikan keterangan berikut ini :


Angka 1 : 

Inside.
Penggandaan tersebut masuk ke dalam.

Outsede .
Penggandaan tersebut keluar.

Dalam hal ini, karena oval pertama yang kita bikin tadi mengacu pada oval terluar pada logo Batman, maka silakan klik yang inside (yang terletak ditengah).

Angka 2 :

Banyaknya/jumlah penggandaan. Misal, jika Anda isikan angka 1, maka terbentuk 1 panggandaan. Karena kita disini membutuhkan 3 buah oval, maka isikan angka 2 pada keterangan angka 2.

Angka 3 :

Merujuk pada jarak. Dalam hal ini karena satuan yang saya gunakan adalah centimeter, dan saya memasukkan angka 0,3 cm, maka selisih jarak antara master oval dan hasil penggandaan oval adalah 0,3 cm.

Dalam hal ini, kemungkinan angka 0,3 cm yang saya isikan, nantinya akan berbeda dengan yang Anda butuhkan dalam membuat logo ini. Jadi Anda bisa bereksperimen memasukkan angka tersebut sesuai kebutuhan.

10. Ketika sudah terbentuk 3 buah oval, perhatikan langkah berikut untuk memisahkan ketiga oval tersebut agar menjadi oval yang saling independen. Karena untuk saat ini, oval tersebut masih menjadi 1 bentuk. Kita harus memishkan agar menjadi 3 bentuk oval.

Langkah :
a. Klik diluar oval tersebut, sembarang dimana saja.
b. Klik kanan pada oval tengah, jangan pada oval master (terluar) tersebut, lalu klik Break Contour Gropu Apart.


Sekarang masih ada 2 buah oval yang masih menyatu. Klik kanan kembali pada oval tengah ataupun terdalam. Jangan pada oval master (terluar). Klik Un group. Nah saat ini kita sudah memiliki 3 buah oval. Ini sesuai dengan yang kita butuhkan.





10. Saat nya kita seleksi semua oval tadi. Jika sudah terseleksi, klik tombol Combine, atau klik pada keyboard Anda Ctrl+L. Ini bertujuan untuk menyatukan oval-oval tadi menjadi 1 bentuk bangun.

11. Buatlah sebuah garis lurus menggunakan tombol Freehand Tool. Tombol tersebut berada disebelah paling kiri. Jangan lupa, sambil membuat garis lurus, tekan Ctrl pada keyboard sehingga gambar garis tadi benar-benar lurus. Sehingga nampak seperti gambar berikut ini :












12. Klik garis lurus tadi, sambil tekan Shift pada keyboard, lalu tekan oval yang sudah Anda Combine tadi. Lalu klik pada keyboard Anda huruf C, lalu tekan sekali lagi huruf E. Maka garis tadi rata tengah terhadap oval. Jika sudah, klik tombol Trim yang terletak di atas bidang kerja.

13. Anda sudah menekan tombol Trim, ini bertujuan untuk memotong oval tadi menjadi 2. Yaitu kita butuh separuh dari oval. Saya asumsikan kata pakai sebelah kanan. Jadi yang kiri harus dibuang. Dan garis lurus tadi jangan dulu di buang, karena masih kita pakai untuk memotong gambar sayap nya.

14. Jika kita klik pada separuh oval, ternyata masih menyatu dengan separuh nya lagi. Dengan kata lain masih 1 bangun meskipun sudah kita potong. Kita perlu memishkan lagi dengan cara klik kanan pada oval, lalu kita klik Break Apart atau di keyboard tekan Ctrl+K.

15. Buang sebelah kiri, yang kanan? Biarkan dulu, sekarang ada 2 bangun di kanan, yaitu setengan oval luar dan setengah oval dalam.

Membuat Logo yang tengah.

Jika Anda kurang nyaman dengan tampilan berwarna, cobalah dengan tampilan hitam putih agar garis-garis oval bisa terlihat dengan jelas. Klik View > Wireframe. Lihat perbedaanya ketika tampilan masih dalam kondisi Enhanced.

Gambar kiri adalah tampilan enhanced.
Gambar kanan adalah tampilan setelah wireframe.
Untuk kembali ketampilan default, klik kembali View > Enhanced.



1. Buatlah garis dengan Freehan Tool. Jangan di drag, cukup 1 klik pada awalan>klik lagi pada akhiran>klik lagi di posisi terakhir garis sampai terlihat panah kecil. Ini agar garis tersebut masih menjadi 1 bangun, tidak terpisah-pisah. Lalu klik lagi pada ahiran. Lakukan sampai pada tahap akhir terbentuk 1 bangun untuk memotong 1/2 oval dalam agar terbentuk gambar sayap dan kepala. Seperti terlihat pada gambar berikut :


Garis-garis masih kaku dan lurus-lurus. Kita perlu membuat lekukan-lekukan sesuai dengan design.







2. Melengkungkan garis. Klik Shape Tool atau F10 pada keyboard. Maka kini kursor sudah berubah bentuk menjadi segi tiga. Lalu seleksi semua poin-poin (titik yang terdapat pada setiap sudutnya). Lalu kli Convert Line To Curves yang terdapat di atas lembar kerja.

3. Lalu geser garis-garis tadi, dengan cara mengambil dari tengah garis. 


Tentu ini butuh ketelitian dan ketelatenan agar garis sesuai dengan design. Jika tidak memungkinkan dengan hanya menggeser garis, gunakan pengaturan melalui poin. klik salah satu poin, maka akan muncul pengatur garis bantu.

Saya asumsikan tahap ini sudah berhasil

Ingat, bangun ini posisinya harus berada tepat agar bisa memotong 1/2 oval yang dalam.

Begitu juga untuk bagian kepala, caranya sama seperti tadi dengan yang poin 3 diatas.
Sehingga tampak seperti berikut :

A adalah bangun untuk memotong bagian ekor.
B adalah bangun untuk memotong bagian kepala.

Klik A dan sambil tekan Shift, klik B. Lalu klik Combine atau tekan Ctrl+L. Maka A dan B sudah menjadi 1 bangun. Klik sembarang diluar bangun-bangun yang sudah kita buat.








4. Klik bangun AB tadi, lalu sambil tekan Shift pada keyboard, tekan juga 1/2 lingkaran yang dalam. Lalu klik Trim untuk memotong 1/2 lingkaran tadi.

5. Setelah lingkaran dalam terpotong, bangun AB sudah tidak kita pakai lagi, klik bangun tersebut dan delete.


Perhatikan, Bangun AB sudah di delete.














6. Sekarang ada 2 bangun, bangun 1/2 lingkaran luar dan bangun yang di dalam sudah berbentuk 1/2 logo Batman. Klik bangun luar, sambil tekan shift pada keyboard, lalu klik bangun dalam. Kini 2 buah bangun sudah terseleksi. Klik Combine atau Ctrl+L.

7. Kini sudah menjadi 1 buah bangun. Untuk mengcopy nya agar bisa kita letakkan pada sebelah kiri, klik bangun tersebut. Sambil tekan Ctrl pada keyboard, tarik poin yang terletak di tengah kanan. Drag poin tersebut ke kiri. Jangan dulu dilepaskan mouse dan tombol Ctrl Anda, lalu klik kanan mouse Anda. Lepaskan, maka jadi sudah kiri dan kanan.

8. Untuk menyambung antara logo kiri dan logo kanan, klik sebelah kanan, sambil tekan Shift, klik juga yang kiri. Kini 2 buah bangun sudah terseleksi. Klik Weld yang terletak di atas lembar kerja. Maka antara kiri dan kanan sudah tersambung dan sekarang menjadi 1 buah bangun.

9. Kembalilah ke tampilan default (enhanced), agar gambar terlihat berwarna lagi.

10. Geser lah logo yang sudah Anda buat tadi. Saatnya kini membuang master logonya dan juga garis lurusnya.

11. Klik kanan master logo Batman, lalu klik Unlock Object. Delete master logo tersebut. Jangan lupa delete juga garis nya.

12. Beri warna jika Anda menginginkannya dengan palet warna disebelah kanan lembar kerja. Jika menginginkan garis tepi/line pada logo dihilangkan, seleksi logo Anda lalu klik Outline Tool disebelah kiri lembar kerja yang bergambar kepal pena. Lalu klik tanda silang/No Outline yang menandakan bahwa garisnya tidak ada. Semakin besar garis yang Anda pilih, maka semakin besar juga garis tepi/line pada logo tersebut.

Demikian penjelasan singkat ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar Anda