Selasa, 10 April 2012

Cara mudah membuat blog

1. Pengertian blog

Blog adalah singkatan dari web log. Namun, untuk menghindari kebingungan denga file log web server, istilah ini disingkat menjadi blog. Dengan begitu kita lebih tahu atau lebih familiar dengan kata blog saja. 
Blog biasanya pemiliknya adalah individu. Karenanya isi dari blog biasanya bersifat subyektif karena didalamnya bisa berisi opini dari pemilik blog tersebut. Namun, dengan berkembangnya teknologi internet, maka berkembang pula layanana dari blog. Sehingga para bloggerpun (sebutan bagi pemilik blog) sudah bisa mempergunakan blog untuk kepentingan-kepentingan lain.

Blog salah satu bentuk aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan, gambar, link, dsb. Blog adalah layanan web yang dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mempublikasikan informasi pemilik blog melalui tulisan, gambar, dsb yang di muat dalam postingan-postingan.
Blog memiliki kegunaan/fungsi yang banyak. Antara lain : Catatan pribadi atau diary, sarana promosi, sarana tukar pendapat, hingga menjadi sebuah web portal bagi perusahaan.
Postingan pada blog pada umumnya dimuat secara terbalik. Yaitu postingan terbaru dulu yang kemudian diikuti dengan postingan yang lebih lama. Meskipun tidak selamanya demikian. 
Blog pada umumnya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. (sumber : berbagai sumber).

2. Cara membuat blog dengan blogger

Mendaftar pada blogger.

Untuk membuat sebuah blog tentunya Anda harus memiliki sebuah akun email. Jika Anda belum memiliki sebuah akun email, maka Anda harus memiliki akun email terlebih dahulu. Berikut cara membuat akun pada gmail.com :


1. Buka gmail.com 
Lalu klik CREATE AN ACCOUNT.



Kemudian isilah semua kolom isian.


Isilah semua kolom, termasuk nomor HP/mobille phone/ponsel Anda dengan benar, karena kode verifikasi akan dikirim melalui SMS ke HP anda.
Kemudian klik next, maka kode verifikasi tersebut sesaat lagi akan masuk ke nomor HP Anda.


Penting : nama akun dan password yang Anda daftarkan jangan sampai Anda lupa.


Setelah Anda melakukan verifikasi, berarti Anda telah berhasil membuat sebuah akun untuk sebuah alamat email.


Untuk membuat blog, memang harus memiliki sebuah akun email. namun Anda tidak perlu terpaku bahwa Anda harus membuat sebuah akun email menggunakan gmail. Anda bisa juga membuat akun email selain dari gmail. bisa juga menggunakan yahoo, dll.


Jika Anda sudah memiliki sebuah alamat/akun email gmail sebelumnya, maka langkah diatas tidak perlu dilalui. Anda dapat dengan otomatis masuk blogger dengan menuliskan alamat email Anda, lalu memasukkan pasword gmail Anda.


2. Buka blogger.com


Saya asumsikan Anda memiliki akun email dengan menggunakan gmail.com. Maka isikan alamat email Anda dan isikan password Anda pada kolom isian.


Selanjutnya akan tampil










Isilah semua kolom isian. Kemudian klik LANJUTKAN.
Selanjutnya akan tampil


Klik "Blog Baru" pada kotak.

Maka akan tampil tamplan sbb :


Isilah judul blog sesuai sesuai selera anda. Isi juga alamat blog pada kolom alamat. 
Maka secara otomatis blogger akan mencari apakah alamat yang Anda ketikkan pada kolom alamat masih tersedia atau sudah ada orang lain yang memilikinya. Jika ternyata sudah ada orang lain yang memilikinya, maka dibawah kolom Alamat akan muncul tulisan “ Maaf, alamat blog ini tidak tersedia”. Namun jika pada Anda menuliskan alamat namun alamat yang Anda ketikkan belum ada yang memilikinya, maka dibawah kolom Alamat akan muncul tulisan “Alamat blog ini tersedia”.

Selanjutnya klik pada salah satu kotak template yang tersedia. Kemudian klik Buat Blog pada kotak berwarna orange.

Selanjutnya klik buat entri baru. Kemudian silakan Anda isi dengan tulisan-tulisan. Seperti tampilan berikut ini :



Setelah Anda selesai menuliskan dan akan di publikasikan, klik “Simpan”, kemudian klik “Publikasikan”. Maka anda sudah memiliki sebuah blog.
Nah… Ternyata mudah ya membuat sebuah blog. Mudah-mudahan postingan saya dapat berguna bagi orang lain.
Selamat ngeblog ya…  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar Anda